Puncak Tema Negaraku, PAUD Salma Membatik Tie Dye

Tema menjadi salah satu ciri khas pembelajaran di PAUD Salma. Tema digunakan oleh Pendidik untuk menentukan kegiatan yang akan dilakukan anak. Tujuan dengan adanya tema ialah agar pembelajaran anak lebih fokus dan terarah. Supaya memberikan kesan dan pembelajaran yang bermakna, di setiap akhir tema PAUD Salma mengadakan kegiatan sebagai penutup tema atau disebut dengan Puncak Tema.

Untuk Puncak Tema "Negaraku", Pendidik PAUD mengadakan kegiatan membatik kaos dengan teknik tie dye. Teknik ini dipilih karena cara pembuatan yang relatif lebih mudah sehingga dapat dilakukan oleh Anak Usia Dini. Bahan yang dibutuhkan antara lain : kaos putih polos, pewarna remasol beraneka warna, karet gelang, sarung tangan, cuka, dan sejumput garam. 

Untuk proses pembuatannya, pertama kaos disemprot dengan campuran air dan cuka dengan perbandingan 1:1. Kemudian, beberapa bagian kaos diikat dengan karet gelang hingga membentuk motif yang diinginkan. Setelah kaos diikat, siramkan pewarna pada bagian-bagian kaos yang dikehendaki. Setelah proses pewarnaan selesai, letakkan kaos di dalam wadah kemudian tunggu selama minimal 2 jam agar warnanya meresap sempurna. Ketika hendak membuka kaos yang sudah diwarnai, celupkan kaos tie dye ke dalam campuran air dingin yang sudah diberi sedikit garam, lalu diamkan beberapa saat sebelum membuka ikatannya. Terakhir, kaos tie dye harus dijemur sampai kering.

Selama kegiatan berlangsung, anak-anak terlihat sangat senang dan antuasias membatik kaos mereka masing-masing. Hasil karya setiap anak kemudian dibawa pulang ke rumah untuk selanjutnya dicuci sebelum siap digunakan.

paud tie dye